Sistem Injeksi Pada Sepeda Motor
Selamat Datang Di Blog Saya .. Semoga Bermanfaat apa yang semua saya share.. :D
HAPPY READING
1. ECM ( Eletrnic Contro Module )
Fungsi dari Eletrnic Contro Module ini yaitu untuk menerima sinyal
dari berbagai sensor. Nah, untuk sensor sendiri yakni bekerja di
berbagai kendaraan oprasional mesin, lalu Eletrnic Contro Module akan
mengolah data da akan membandingkan dengan parameter yang sudah ada,
setelah itu memerintahkan Actuator/Output untuk melayani kebutuhan pada
mesin.
Alat Intake Air Temperature Sensor (IAT) ini berfungsi untuk
medeteksi suhu udara yang akan masuk ke intake manifold. Hal tersebut
berpengaruh terhadap Air Fuel Ratio Correction atau di sebut juga dengan
campuran bahan bakar dengan udara. Ya dengan kata lain yaitu volume
bahan bakar yang di semprotkan injector ke intake manifold di pengaruhi
oleh suhu udara yang akan masuk ke intake manifold.
Alat Intake Air Temperature Sensor (IAT) ini berfungsi untuk
medeteksi suhu udara yang akan masuk ke intake manifold. Hal tersebut
berpengaruh terhadap Air Fuel Ratio Correction atau di sebut juga dengan
campuran bahan bakar dengan udara. Ya dengan kata lain yaitu volume
bahan bakar yang di semprotkan injector ke intake manifold di pengaruhi
oleh suhu udara yang akan masuk ke intake manifold.
Manifold Absolute Pressure ini bertujuan untuk mendeteksi kevakuman yang terjadi di bagian intake manifold.
5. BAS ( Bank Angle Sensor )
Bank Angle Sensor ini bertujuan untuk mematikan mesin pada saat mesin
berada pada sudat kemiringan lebih dari 55,5 drajat. Bank Angle Sensor
ini akan berfungsi ketika anda terjatuh dari motor, maka motor tersebut
akan mati secara otomatis mesinnya, hal tersebut untuk menghindari mesin
terbakar. ECM akan mematikan daya listrik ke fuel pump dan engine
electrical System. CATATAN : mesin akan mengalami mati jika kemiringan
tersebut terjadi sampai 5 detik.
Alat tersebut berfungsi untuk medeteksi panas oli yang berada di dalam mesin.
7. Injector
Fungsi dari Injector yaitu untuk menyemprotkan bahan bakar ke intake manifold untuk mebutuhan pembakaran pada ruang silinder.
8. Fuel Pamp/Pompa bensin
Fuel pamp berfungsi untuk memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki motor ke dalam injector. Tekanan pada Pompa bensin tersebut sekitar 294kPa.
9. Skema Input dan Output dari ECM
Pada komponen – komponen ini saling mensuport seperti yang telah di gamabrkan di atas yakni input dan output dari ECM.
Nah, Demikian dari saya tentang Sistem Injeksi Pada Sepeda Motor :D
Semoga Bermanfaat ya :D
0 comments:
Post a Comment