BTemplates.com

Followers

Search This Blog

Tuesday, November 15, 2016

Komponen Utama Pada Sepeda Motor


Komponen Komponen Utama Pada Sepeda Motor

 Komponen Utama Pada Sepeda Motor dibagi menjadi 3 bagian Yaitu :
  1. kepala silinder (cylinder head) 
  2. Blok silinder (cylinder block)
  3. Bak engkol (crankcase).  
Ketiga komponen tersebut merupakan komponen utama, agar motor dapat berjalan, jika dari ketiga komponen tersebut ada yang mengalami trouble atau rusak, maka sepeda motor akan susah nyala. langsung aja kita simak ketiga komponen tersebut.

1. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Kepala silinder berfungsi untuk menutup lubang silinder pada blok silinder dan sebagai tempat dudukan busi. Kepala silinder ini bertumpu di atas blok silinder. Pada titik tumpunya dipasang atau disekat oleh gasket yang berguna untuk mencegah kebocoran kompresi.

 Kepala Silinder adalah tempat dimana tercampurnya bahan bakar dan udara. Kepala silinder dibuat dari bahan alumunium campuran agar tahan karat dan juga tahan panas pada suu tinggi serta konstruksinya ringan. Pada kepala silinder biasanya ada sirip-sirip yang membentuk alur, sirip-sirip ini berfungsi untuk membantu melepaskan panas pada mesin atau biasa kita sebut dengan pendingin udara.
2. Blok Silinder Mesin (Cylinder Block)

Blok silinder berfungsi sebagai tempat bergeraknya piston. Blok silinder piston terdiri dari dua komponen yang digabung menjadi satu, yaitu silinder liner dan blok silinder, keduanya saling melekat.

Blok silinder dan silinder liner dibuat terpisah, hal ini akan memberikan keuntungan ketika silinder liner keausannya sudah berlebihan akibat gesekan dengan piston, maka silinder liner dapat diganti.
Blok silinder mesin dibuat dengan syarat-syarat sebagai berikut:
  • Tahan terhadap panas atau suhu yang tinggi
  • Bisa menghantarkan panas dengan baik
  • Tahan terhadap gesekan

Silinder liner yang bergesekan langsung dengan piston mendapat pelumasan supaya tidak terjadi keausan, namun meskipun mendapat pelumasan tetap saja keausan silinder liner tidak dapat dihindari, untuk itu perlu adanya pengecekan secara rutin pada silinder liner dengan bantuan dial indikator, caranya insyaAllah akan guruotomotif bahas pada artikel selanjutnya.
Pada dinding silinder sepeda motor juga terdapat sirip-sirip yang berfungsi untuk mendinginkan mesin melalui udara yang masuk ke kisi-kisi atay celah sirip tersebut.
3. Bak Engkol Mesin (Crankcase)
Bak engkol mesin atau crankcase berfungsi sebagai rumah dari komponen-komponen yang ada di dalamnya yaitu: Generator atau alternator, kopling, gigi transmisi, pompa oli, poros engkol, penampung oli. Bak engkol ini bahan pembuatnya adalah alumunium die casting dengan sedikit campuran logam, bak engkol letaknya ada dibagian bawah slinder mesin. .
 Demikian Artikel dari saya, semoga bermanfaat untuk semua :D

0 comments:

Post a Comment