Komponen Utama Pada Sepeda Motor
Komponen Komponen Utama Pada Sepeda Motor
1. Kepala
Silinder (Cylinder Head)
Komponen Utama Pada Sepeda Motor dibagi menjadi 3 bagian Yaitu :
- kepala silinder (cylinder head)
- Blok silinder (cylinder block)
- Bak engkol (crankcase).
Kepala
silinder berfungsi untuk menutup lubang silinder pada blok silinder dan sebagai
tempat dudukan busi. Kepala silinder ini bertumpu di atas blok silinder. Pada
titik tumpunya dipasang atau disekat oleh gasket yang berguna untuk mencegah
kebocoran kompresi.
Kepala Silinder adalah tempat dimana tercampurnya bahan bakar dan udara.
Kepala
silinder dibuat dari bahan alumunium campuran agar tahan karat dan juga tahan
panas pada suu tinggi serta konstruksinya ringan. Pada
kepala silinder biasanya ada sirip-sirip yang membentuk alur, sirip-sirip ini
berfungsi untuk membantu melepaskan panas pada mesin atau biasa kita sebut
dengan pendingin udara.
Baca Juga SISTEM KELISTRIKAN PADA SEPEDA MOTOR
2. Blok
Silinder Mesin (Cylinder Block)
Blok
silinder berfungsi sebagai tempat bergeraknya piston. Blok silinder piston
terdiri dari dua komponen yang digabung menjadi satu, yaitu silinder liner dan
blok silinder, keduanya saling melekat.
Blok
silinder dan silinder liner dibuat terpisah, hal ini akan memberikan keuntungan
ketika silinder liner keausannya sudah berlebihan akibat gesekan dengan piston,
maka silinder liner dapat diganti.
Blok
silinder mesin dibuat dengan syarat-syarat sebagai berikut:
- Tahan terhadap panas atau suhu yang tinggi
- Bisa menghantarkan panas dengan baik
- Tahan terhadap gesekan
Silinder
liner yang bergesekan langsung dengan piston mendapat pelumasan supaya tidak
terjadi keausan, namun meskipun mendapat pelumasan tetap saja keausan silinder
liner tidak dapat dihindari, untuk itu perlu adanya pengecekan secara rutin
pada silinder liner dengan bantuan dial indikator, caranya insyaAllah akan
guruotomotif bahas pada artikel selanjutnya.
Pada
dinding silinder sepeda motor juga terdapat sirip-sirip yang berfungsi untuk
mendinginkan mesin melalui udara yang masuk ke kisi-kisi atay celah sirip
tersebut.
3. Bak
Engkol Mesin (Crankcase)
Bak
engkol mesin atau crankcase berfungsi sebagai rumah dari komponen-komponen yang
ada di dalamnya yaitu: Generator atau alternator, kopling, gigi transmisi,
pompa oli, poros engkol, penampung oli. Bak engkol ini bahan pembuatnya adalah alumunium
die casting dengan sedikit campuran logam, bak engkol letaknya ada dibagian
bawah slinder mesin. .
Demikian Artikel dari saya, semoga bermanfaat untuk semua :D
0 comments:
Post a Comment